8 Pasword Manager Gratis Terbaik 2019

Wajib Baca

Solusi aclocal: not found di Ubuntu

Pada saat saya menginstal s3fs di Ubuntu, muncul error: ./autogen.sh: 38: ./autogen.sh: aclocal: not...

Antivirus Gratis Yang Sudah Tidak Gratis Lagi

Pepatah lama berbunyi "There ain't no such thing as a free lunch" adalah ungkapan yang cocok disematkan...

Apa itu RAID? Panduan & Perbandingan Lengkap Tentang Teknologi RAID!

Apa itu RAID? Menurut Wikipedia, RAID (yang kepanjangannya adalah Redundant Array of Independent Disks), adalah sebuah teknologi di dalam...
Ferdian Alfiantohttps://tuts.web.id
Ferdian Alfianto adalah seorang penggila dunia Internet, Mac Lover; suka menggunakan Wordpress, bereksperimen dengan Linux (terutama Debian dan Ubuntu), mengutak-atik pfSense router, senang bereksperimen dengan LEMP (Linux, Nginx, MariaDB, PHP) dan Redis. Anda bisa kontak saya disini.

Password manager adalah sebuah aplikasi yang membantu kita membuat password yang baik dan kuat, menyimpannya dengan keamanan berlapis & terenkripsi, baik tersimpan di hardisk lokal ataupun cloud; kemudian mudah digunakan, dan tersedia kapan saja, dimana saja & di perangkat apa saja, jika kita membutuhkannya.

Anda harus mempertimbangkan menggunakan salah satu password manager berikut, karena akan memudahkan mengingat password rumit dan berbeda di setiap akun. Sangat tidak dianjurkan menggunakan satu password untuk semua akun, namun di lain sisi tidak mungkin kita mengingat 100 password untuk 100 akun yang berbeda. Disinilah password manager kita butuhkan.

Berikut adalah 10 password manager yang bisa kita gunakan gratis, dengan opsi berlangganan versi premium dengan fitur yang lebih lagi.

1. LastPass

LassPass

LastPass hadir dalam dua varian, versi gratis dan premium. Kedua versi ini akan membuat password kuat untuk kita dan menyimpannya dalam ‘brankas’ yang dilindungi oleh master password hanya anda yang tahu, dengan otentikasi multi-faktor untuk keamanan tambahan. Termasuk otentikasi perangkat keras YubiKey untuk Windows, Mac, iOS dan Android.

LastPass versi gratis juga menawarkan penyimpanan aman untuk catatan teks, sinkronisasi di seluruh browser, dan akses ke brankas dari perangkat yang terhubung internet melalui LastPass.com.
LastPass akan menolak mengisi formulir secara otomatis pada situs yang terindikasi phishing, dan ada opsi untuk mengekspor data anda kapan saja, jika anda memutuskan untuk beralih ke password manager lainnya.

Versi premium mendapatkan tambahan layanan penyimpanan cloud yang aman untuk file, otentikasi multi-faktor canggih, dan kemampuan untuk mengatur rencana kontingensi sehingga orang terdekat kita dapat mengakses akun dalam keadaan darurat.

Satu-satunya kekurangan LastPass adalah popularitasnya, yang menjadikannya target favorit bagi para hacker, tetapi eksploitasi jarang terjadi dan belum ada kasus pembobolan.

Untuk kenyamanan dan kemudahan penggunaan, LastPass sulit dikalahkan.

2. Dashlane

Dashlane

Dashlane adalah pesaing terdekat LastPass, sangat layak untuk dicoba, yang menampilkan pembuatan password dengan satu klik, sistem keamanan kelas dunia, kemudahan penggunaan dan kemampuan untuk menyimpan catatan untuk referensi di masa mendatang.

Dashlane tersedia bukan hanya program desktop Windows; ada plugin browser dan versi seluler, dan mirip dengan LastPass ada Dashlane versi premium yang mempunyai fitur berbagi (sharing) dan sinkronisasi tidak terbatas.

Dashlane Premium dibandrol $ 39 (sekitar Rp. 550.000) per tahun, tetapi versi gratisnya memiliki semua fitur penting yang dibutuhkan: password manager, pengisian otomatis (autofill) dan fitur dompet digital, yang semuanya berfungsi dengan sempurna. Jangan berpuas dengan LastPass tanpa mencoba Dashlane terlebih dahulu, dan sebaliknya.

Plus, jika Project Mirror yang baru diumumkan Dashlan berhasil, kemungkinan di masa depan kita tidak lagi berurusan dengan password.

3. Keeper Security

Keeper Security

Untuk melindungi password kita, faktor terpenting adalah keamanan. Keeper Security tidak memenangkan penghargaan apa pun untuk tampilan desain, tetapi jika membicarakan perlindungan password, sistem keamanan Keeper Security adalah salah satu yang terbaik.

Keeper Security sebenarnya adalah salah satu pengelola password tertua. Mereka mengklaim menggunakan arsitektur keamanan zero-knowledge, enkripsi 256-bit AES dan merupakan produk yang paling beraudit dan bersertifikat. Artinya Keeper Security adalah perangkat yang sangat terlindungi.

4. RoboForm

RoboForm

RoboForm mengklaim sebagai password manager terbaik di dunia. Pada pembaruan terakhir, mereka telah menambahkan dukungan untuk menyimpan jumlah login tanpa batas di versi gratis. Juga menawarkan login ke aplikasi, penyimpanan catatan yang aman, dukungan multi-platform, dan kemampuan untuk mendapatkan akses darurat.

Di versi premium, RoboForm Everywhere, memungkinkan anda untuk melakukan sinkronisasi antar perangkat, backup ke cloud dan kemampuan untuk mendapatkan akses darurat sendiri. Jika anda memutuskan untuk membeli lisensi premium, biayanya $ 19,95 per bulan. Ada juga langganan versi keluarga yang bisa digunakan hingga lima pengguna.

RoboForm mungkin tidak dapat mengklaim memiliki fitur yang sama kuatnya dengan saingan mereka, Dashlane atau LastPass, tetapi RoboForm adalah salah satu password manager yang sangat baik, dan aplikasi seluler gratisnya luar biasa. Password yang dihasilkan RoboForm tergolong sangat kuat, yang memungkinkan kita untuk mengecualikan karakter yang sama di setiap password, dan menentukan karakter khusus yang kita butuhkan untuk memenuhi persyaratan password tertentu.

Roboform tersedia untuk Windows, Mac, iOS dan Android, dan merupakan salah satu pilihan terbaik bagi siapa saja yang menginginkan cara sederhana dan aman untuk menyinkronkan password antara platform laptop, desktop, dan seluler.

5. KeePass Password Safe

KeePass

KeePass Password Safe bukanlah password manager yang tampilan GUInya enak dipandang mata, tetapi KeePass menawarkan keamanan yang kuat, dukungan banyak pengguna dan plugin yang dapat diunduh untuk memperluas rangkaian fitur-fiturnya.

Generator password dari KeePass dapat menghasilkan password yang cocok untuk situs-situs yang menginginkan persyaratan yang sangat spesifik.

Tersedia pilihan instalasi portabel, yang memungkinkan kita menjalankan KeePass dari USB tanpa menginstalnya ke PC.

KeePass Password Safe adalah aplikasi sumber terbuka yang berarti siapa pun dapat memeriksa kode untuk memeriksa adanya kelemahan dan kerentanan, yang berarti bahwa setiap masalah keamanan dapat diidentifikasi dan diperbaiki dengan cepat. Ini adalah aplikasi yang bagus, namun agak menakutkan bagi pemula.

6. Sticky Password

sticky pasword

Sticky Password dibuat oleh tim dibalik software AVG Antivirus, sehingga anda tidak perlu khawatir jika keamanan adalah prioritas utama.

Ada dua edisi Sticky Password: gratis dan premium. Edisi premium menambahkan sinkronisasi dan backup ke cloud dengan biaya $ 29,99 per tahunnya. Tersedia juga lisensi seumur hidup dengan harga $ 149,99 – opsi yang tidak ditawarkan oleh password manager premium lainnya.

Kedua versi Sticky Password menyertakan generator yang dapat membuat login aman saat kita mendaftar akun online baru. Mudah digunakan, tetapi tidak menawarkan opsi penyesuaian sebanyak layanan lainnya.

Aplikasi ini dapat berjalan pada PC, Mac, Android dan iOS, mendukung otentikasi sidik jari di ponsel, tersedia versi USB portabel dan menawarkan banyak opsi sinkronisasi termasuk sinkronisasi Wi-Fi dengan perangkat lokal lainnya.

Ekstensi browser juga tersedia untuk Firefox, Chrome, Opera dan Internet Explorer, tetapi tidak untuk Edge.

7. Iolo ByePass

byepass

Versi full dari Iolo ByePass adalah password manager yang tangguh yang memiliki otentikasi dua faktor, sinkronisasi antar perangkat dan platform, penyimpanan terenkripsi untuk kartu kredit, kemampuan untuk menghapus riwayat penelusuran browsing Internet dan secara remote dapat menutup tab yang terbuka, dan masih banyak lagi.

Untuk edisi gratis (yang dapat kita instal dengan memasukkan alamat email tanpa aktivasi) memiliki fitur dasar, hanya menangani login, tetapi masih merupakan alat yang sangat baik dan kompatibel dengan Chrome, Edge, Firefox dan Safari.

Seperti semua password manager terbaik, Iolo ByePass dapat menghasilkan login unik dan aman untuk akun anda, menghilangkan risiko terkait dengan penggunaan pasword secara berulang-ulang. Sayangnya, edisi gratis hanya memungkinkan kita untuk mengamankan lima akun saja. Bisa dibilang edisi gratis mirip versi trial dari edisi full. sehingga bagus untuk ujicoba sebelum kita benar-benar ingin membeli versi premiiumnya.

8. Firefox Lockwise

firefox lockwise

Firefox Lockwise adalah password manager yang tidak biasa. Tersedia sebagai aplikasi seluler dan ekstensi browser, dan memungkinkan kita untuk menyinkronkan detail akun login secara aman antara desktop dan perangkat seluler menggunakan akun Firefox.

Untuk saat ini, fitur Master Password yang sudah ada di Firefox untuk desktop tidak dapat berfungsi di Lockwise, tetapi Mozilla mengatakan keduanya akan digabungkan dalam pembaruan di masa mendatang. Perlu juga dicatat bahwa meskipun Lockwise dapat menyimpan, menyinkronkan, dan melengkapi password otomatis, namun Lockwise tidak dapat membuat yang baru.

Lockwise hanya akan berguna jika kita menggunakan Firefox sebagai browser utama di semua perangkat, tetapi jika anda memang menggunakan browser Firefox, saya sangat merekomendasikan menggunakan Lockwise.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

8 Pasword Manager Gratis Terbaik 2019

Password manager adalah sebuah aplikasi yang membantu kita membuat password yang baik dan kuat, menyimpannya dengan keamanan...

10 DNS Server Gratis, Aman, Cepat & Reliable 2019

Berikut adalah beberapa DNS server yang bisa anda pergunakan untuk mempercepat browsing, gratis, aman & reliable.

Karaoke di Spotify, Mengapa Nggak?

Bagi penggemar karaoke, Spotify mungkin akan menjadi salah satu teman terbaik mereka. Karena Spotify telah mulai menguji fitur baru di negara tertentu...

13 Tips Mudah Mengamankan Situs WordPress

Kepopuleran Wordpress adalah sebuah kesuksesan, namun tentu disertai konsekuensi. Lebih dari 34% situs dibuat menggunakan platform Wordpress, tentu saja ini berakibat situs...

11 Tempat Untuk Melihat Serangan Cyber Secara Real-Time

Adalah pemandangan yang cukup mengasyikkan memantau aktifitas serangan cyber secara real-time di seluruh dunia. Ribuan situs web diretas setiap hari karena adanya...

Artikel Lain Terkait: