Antivirus Gratis Yang Sudah Tidak Gratis Lagi

Wajib Baca

cPanel vs Plesk, Pilih Mana?

Salah satu fitur terpenting dari layanan hosting adalah panel kontrol – sebuah tool yang memungkinkan mengelola situs web dengan...

Solusi Error Internet Mail Delivery Pada Email iCloud

Saya adalah pengguna layanan email iCloud sudah sejak menggunakan iPhone 3GS, atau sekitar tahun 2009-2010. Akan tetapi satu tahun belakangan saya banyak menerima keluhan dari teman yang mengirimkan email ke saya kalau setiap email yang mereka kirim selalu ada reply error. Saya tidak begitu menghiraukan hal ini, selama email tetap masuk ke inbox saya. Saya selalu bilang, "Masuk koq emailnya". Tetapi beberapa hari yang lalu setelah saya migrasi email lainnya ke server Gmail, iseng-iseng saya coba mengirimkan email ke alamat email iCloud. Dan ternyata memang selalu muncul reply error seperti ini...

Instal Driver D-Link DGE-528T di VMware ESXi 5

Lan card gigabit D-Link DGE-528T adalah lan card gigabit yang mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau. Sayangnya VMware ESXi 5 tidak mengenalinya secara default. Untuk itu kita harus install drivernya secara manual.
Ferdian Alfiantohttps://tuts.web.id
Ferdian Alfianto adalah seorang penggila dunia Internet, Mac Lover; suka menggunakan Wordpress, bereksperimen dengan Linux (terutama Debian dan Ubuntu), mengutak-atik pfSense router, senang bereksperimen dengan LEMP (Linux, Nginx, MariaDB, PHP) dan Redis. Anda bisa kontak saya disini.

Pepatah lama berbunyi “There ain’t no such thing as a free lunch” adalah ungkapan yang cocok disematkan untuk software antivirus dengan embel-embel “gratis”. Ya, antivirus gratis sekarang tinggal mitos. Para pengembang antivirus gratis sekarang menanamkan adware, spyware, toolbar, dan sampah lainnya untuk menghasilkan uang dengan cepat.

Di satu titik lainnya, antivirus gratis sekarang hanyalah sebuah corong iklan, agar pengguna upgrade ke versi berbayar. Pengembang antivirus gratis sekarang meraup dollar melalui pemasangan iklan, tracking, dan junkware.

Bagaimana Sebenarnya Antivirus Gratis Bisa Menjadi Mesin Pencari Uang?

Berikut ini ringkasan singkat cara perusahaan antivirus berupaya menghasilkan uang:

  • Mengubah Mesin Pencari Default Anda : Pengembang antivirus gratis berusaha mengubah mesin pencari browser menjadi salah satu pilihan mereka sendiri. Mereka kemudian menghasilkan uang ketika kita mengklik iklan pada halaman hasil pencarian ini. Kadang-kadang ini mungkin bermerek seperti “pencarian aman,” tetapi sebenarnya hanya menggunakan mesin pencari yang menghasilkan uang bagi mereka.
  • Mengganti Situs : Pengembang antivirus gratis juga ingin mengubah situs kita, mengarahkan trafik ke situs web yang menghasilkan uang dengan beriklan kepada mereka.
  • Ask Toolbars dan Rebranded Ask Toolbars : Banyak antivirus gratis yang ingin menginstal toolbar Ask yang sebenarnya tidak berguna buat kita. Beberapa pengembang tersebut menggunakan versi berganti nama dari Ask Toolbar dengan nama mereka sendiri di atasnya, tetapi tetap masih menjadi toolbar Ask.
Ask Toolbar
  • Junkware : Pengembang antivirus gratis menambahkan program tambahan (atau semacam “penawaran”) ke instaler mereka yang secara otomatis diinstal secara default. Mereka dibayar oleh pembuat program jika mereka dapat menginstal program di sistem kita, semakin banyak yang terinstal maka semakin banyak pula dolar yang mereka raup.
  • Pelacakan : Perusahaan antivirus melacak kebiasaan browsing dan detail pribadi lainnya tentang kita. Beberapa pengembang antivirus mungkin menjual data ini untuk menghasilkan lebih banyak uang lagi.
Contoh instalasi junkware

Comodo Free

Comodo mencoba mengubah mesin pencari browser web ke Yahoo! dan bundel perangkat lunak dukungan teknis berbayar GeekBuddy. Termasuk bundel produk Comodo lain yang mungkin tidak kita inginkan, misalnya mengubah pengaturan server DNS Anda ke server Comodo dan menginstal “Chromodo,” browser berbasis Chromium yang dibuat oleh Comodo.

Comodo antivirus gratis
Comodo Free

Ad-Aware Free

Ad-Aware Lavasoft memaksa kita mengaktifkan fitur “Web Protection” yang akan “mengamankan pencarian online kita” dengan menetapkan SecureSearch sebagai halaman awal browser dan mesin pencari default. Terlepas dari namanya, ini sebenarnya bukan fitur keamanan. Modusnya hanya mengalihkan browser web untuk menggunakan mesin pencari dengan nama SecureSearch, padahal mesin pencari ini menggunakan Yahoo! – yang artinya menggunakan teknologi mensin pencari Bing.

Jika anda lebih suka menggunakan mesin pencari Bing, lebih baik kunjungi langsung halaman web Bing.  Anda akan memiliki pengalaman yang lebih baik daripada menggunakan mesin pencarian Lavasoft yang hanya mengganti kostum Bing dengan nama mereka sendiri, SafeSearch.

ad-aware antivirus gratis
Ad-Aware Free

Avira Free Antivirus

Avira menganjurkan kita untuk menginstal “Avira SafeSearch Plus.” Ini hanyalah versi rebranding dari Ask Toolbar, seperti halnya yang dilakukan oleh Ad-Aware. 

ZoneAlarm Free Antivirus + Firewall

ZoneAlarm juga ingin kita mengaktifkan fitur “ZoneAlarm Search” sebagai halaman awal dan mesin pencari default browser, yang secara bersamaan menginstal toolbar ZoneAlarm yang. Sekali lagi ini hanyalah versi Ask Toolbar dengan nama yang berbeda.

Panda Free Antivirus

Panda mencoba untuk menginstal tool pengamanan browser mereka sendiri serta mengubah mesin pencari browser ke Yahoo, dan juga halaman awal browser ke “MyStart,” yang didukung oleh Yahoo. Walaupun modusnya sama dengan antivirus grtais sebelumnya, namun harus kita berikan kredit tersendiri untuk Panda, karena mereka setidaknya tidak berusaha menipu dengan menawarkan mesin pencari atau halaman awal browser ke Yahoo.

avast! Free

Pengembang avast! juga mencoba menginstal perangkat lunak tambahan yang mungkin tidak kita inginkan. Sebelumnya, saya telah melihat Dropbox ditawarkan di instaler avast!, dan sekarang avast!mencoba memasang Google Toolbar ketika saya mencoba menginstalnya.

Google Toolbar dan Dropbox adalah aplikasi berkualitas yang mungkin kita inginkan, jadi avast! terlihat lebih baik dibandingkan dengan antivirus gratis sebelumnya. 

AVG Free

Dari sederet antivirus gratis sebelumnya, AVG memiliki rangkaian utilitas yang menjengkelkan, seperti AVG Security Toolbar, AVG Rewards, AVG Web TuneUp, dan SecureSearch. Bahkan AVG harus memberikan instruksi khusus untuk menghapus instalasi ini.

BitDefender Antivirus Free Edition

BitDefender menawarkan antivirus gratis, tidak mencoba untuk menginstal junkware atau toolbar pada komputer. BitDefender masih bertahan dengan strategi meraup dollar dengan mencoba mengajak kita upgrade ke versi berbayar.

MalwareBytes Anti-Malware Free

MalwareBytes tidak berusaha memasang aplikasi tambahan di komputer, namun versi gratisnya tidak menawarkan perlindungan secara real-time. Sebagai gantinya, MalwareBytes menawarkan tool gratis yang berguna untuk pemindaian manual – bahkan mereka mendeteksi dan membersihkan banyak adware yang diinstal oleh program lain – dan akan menganjurkan kita untuk upgrade ke versi berbayar dengan fitur lebih lengkap.

MalwareBytes gratis ini bisa sangat berguna dalam kombinasi dengan antivirus lain , seperti Microsoft Windows Defender gratis atau solusi Microsoft Security Essentials, ini karena MalwareBytes Free bukanlah antivirus gratis mandiri yang dapat kita andalkan, karena tidak memiliki pemindaian secara real-time.

Jadi, Antivirus Gratis Apa Yang Bagus?

Saya pribadi lebih memilih menggunakan fitur antivirus gratis Microsoft Windows Defender (Windows 8, 8.1 dan 10) atau Microsoft Security Essentials (Windows 7), namun kita harus membeli lisensi OS WIndows untuk mendapatkan fitur tersebut.

Jika anda tidak terlalu suka dengan antivirus gratis dari Microsoft, mungkin BitDefender versi gratis bisa menjadi pilihan bijak, karena tidak menggelontor komputer kita dengan aplikasi sampah yang tidak kita butuhkan.

Jika anda membutuhkan solusi proteksi lebih dari sekedar antivirus dan tidak keberatan untuk membuka dompet anda, maka produk dari Kaspersky adalah salah satu pilihan terbaik..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

8 Pasword Manager Gratis Terbaik 2019

Password manager adalah sebuah aplikasi yang membantu kita membuat password yang baik dan kuat, menyimpannya dengan keamanan...

10 DNS Server Gratis, Aman, Cepat & Reliable 2019

Berikut adalah beberapa DNS server yang bisa anda pergunakan untuk mempercepat browsing, gratis, aman & reliable.

Karaoke di Spotify, Mengapa Nggak?

Bagi penggemar karaoke, Spotify mungkin akan menjadi salah satu teman terbaik mereka. Karena Spotify telah mulai menguji fitur baru di negara tertentu...

13 Tips Mudah Mengamankan Situs WordPress

Kepopuleran Wordpress adalah sebuah kesuksesan, namun tentu disertai konsekuensi. Lebih dari 34% situs dibuat menggunakan platform Wordpress, tentu saja ini berakibat situs...

11 Tempat Untuk Melihat Serangan Cyber Secara Real-Time

Adalah pemandangan yang cukup mengasyikkan memantau aktifitas serangan cyber secara real-time di seluruh dunia. Ribuan situs web diretas setiap hari karena adanya...

Artikel Lain Terkait: