Cara Setting OpenVPN di iOS (iPhone & iPad)

Wajib Baca:

Ferdian Alfianto

Ferdian Alfianto

Ferdian Alfianto adalah seorang penggila dunia Internet, Mac Lover; suka menggunakan Wordpress, bereksperimen dengan Linux (terutama Debian dan Ubuntu), mengutak-atik pfSense router, senang bereksperimen dengan LEMP (Linux, Nginx, MariaDB, PHP) dan Redis. Anda bisa kontak saya disini.

Setelah sebelumnya kita sudah membangun server OpenVPN sendiri di VPS, dan behasil setting OpenVPN client di kompi kita agar bisa memainkan game Point Blank Revolution Garena, keuntungan memiliki server OpenVPN sendiri adalah kita bisa membuat sebanyak mungkin user yang kita inginkan. Dan kita bisa menggunakannya untuk semua piranti yang kita punya, seperti komputer desktop, laptop, iPad, iPhone, Android phone & tablet, dll.

Kali ini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara setting OpenVPN di iOS (iPhone & iPad).

Langkah pertama adalah dengan mendownload aplikasi OpenVPN Connect melalui iTunes Apps Store yang ada di iTunes versi desktop atau langsung dari iPhone atau iPad anda. Pastikan baik iTunes maupun iPhone/iPad sudah terdapat aplikasi OpenVPN Connect sebelum kita menuju langkah selanjutnya.

Sambungkan iPhone/iPad kita ke iTunes. Setelah tersambung, pilih iPhone/iPad anda pada pilihan “DEVICES“, kemudian pilih tab “Apps“, kemudian scroll kebawah, pilih OpenVPN. Lihat gambar dibawah agar lebih jelas (klik gambar untuk ukuran besar).

Screenshot_itunes

Setelah muncul tampilan seperti diatas, klik tombol “Add“, dan tambahkan file ovpn dan ca.crt. Kemudian tekan tombol “Sync“, agar memastikan kedua file tersebut tertransfer ke iPhone/iPad.

Selanjutnya jalankan aplikasi OpenVPN Connect di iPhone/iPad anda. Akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini. Menunjukkan bahwa file ovpn & ca.crt dikenali oleh OpenVPN Connect, dan otomatis akan dibaca sebagai profil.
Klik tombol “+” untuk menambahkan profil ke iPhone/iPad kita.

openvpn-ios-1

Jika internal certificate tidak keluar, tambahkan saja dengan internal certificate dari iPhone/iPad anda. Lihat gambar dibawah.

openvpn-ios-2

Kemudian masukkan username & password yang sudah anda buat di server OpenVPN. Tekan tombol “Save” jika anda ingin menyimpan username & password. Untuk memulai koneksi, geser tombol kecil yang ada di bawah status “Disconnected”. Jika koneksi berhasil, akan muncul status koneksi seperti gambar dibawah ini.

openvpn-ios-3

Terakhir, buka browser Safari (atau browser favorit anda lainnya), kunjungi situs www.whatismyip.com, jika menunjukkan ip address server OpenVPN, berarti koneksi sudah sukses. Lihat gambar dibawah.

openvpn-ios-cek-koneksi

Bagikan di
Facebook
Bagikan di
Twitter
Bagikan di
WhatsApp
Bagikan di
Telegram
Bagikan di
Email

Artikel Terbaru:

Logo MongoDB
Linux

Mudah Instal MongoDB di Ubuntu 20.04

Tutorial ini menjelaskan cara menginstal dan mengkonfigurasi MongoDB Community Edition di Ubuntu 20.04. MongoDB adalah database dokumen open-source dan gratis. Milik keluarga database yang disebut

5 Responses

  1. gan, saya owner warnet 20pc, gmna cara agar klient saya bisa main PB garena?
    billing yang saya pakai
    -smartlaunch Administrator
    -speedy 2line masing 1MB

    1. Agar bisa main PB Garena, bukan billing system ataupun jenis koneksi yang perlu dipikirkan, tapi bagaimana cara memforward trafik dengan menggunakan IP dari Singapore atau Malaysia. Beberapa cara yang sudah sering saya sebutkan adalah menggunakan WTFast, VPN, Proxifier dan SSH Tunnel.

      Dan saat ini, saya memilih menggunakan VPN agar pengunjung di warnet saya bisa main PB Garena. Saya sarankan sampeyan menggunakan mikrotik atau router sejenis, kemudian langganan VPN, selanjutnya setting di mikrotik agar memforward trafik ke PB Garena melalui VPN. Dengan cara ini, pelanggan warnet bisa langsung main tanpa harus melakukan setting lagi.

    1. Hampir kebanyakan provider VPN bisa digunakan untuk iPhone/iPad, tetapi masalahnya tidak semua menggunakan OpenVPN untuk koneksi iOS. Umumnya menggunakan PPTP atau L2TP. Padahal OpenVPN adalah adalah jalur yang lebih baik ketimbang PPTP/L2TP; lebih stabil & lebih aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses .

Artikel Terkait:

www

Situs Web Pertama di Dunia

Pada tanggal 6 Agustus 1991, tanpa gembar-gembor, ilmuwan komputer Inggris Tim Berners-Lee menerbitkan situs web pertama kali saat bekerja di CERN, laboratorium fisika partikel besar

Spotify

Karaoke di Spotify, Mengapa Nggak?

Bagi penggemar karaoke, Spotify mungkin akan menjadi salah satu teman terbaik mereka. Karena Spotify telah mulai menguji fitur baru di negara tertentu di mana pengguna

firefox send

Lebih Aman Kirim File Besar dengan Firefox Send

Firefox Send adalah layanan pengiriman file ukuran besar dari Mozilla; gratis, lebih aman, dengan komitmen dari Mozilla untuk menjaga privasi informasi pribadi anda. Nah, untuk