Download File Torrent Menggunakan IDM (Internet Download Manager)

Mendownload file torrent menggunakan torrent client semacam uTorrent atau LimeWire tidak tentu mendapatkan kecepatan secara maksimal. Ada beberapa faktor download torrent bisa cepat atau lambat, misalnya jumlah seeder, semakin banyak yang melakukan seeding, semakin besar bandwidth yang didapat untuk download (leeching). Kemudian faktor kecepatan upload pihak seeder, seperti kita ketahui torrent menggunakan koneksi peer-to-peer (p2p) untuk melakukan koneksi antar pengguna, dan biasanya koneksi rumahan yang dipakai seeder tidak semuanya bagus.

Selain faktor koneksi yang tidak selalu bagus, beberapa ISP juga terkadang ada yang memberlakukan blokir jalur torrent. Untuk mem-bypass blokir dari ISP, dan juga agar download torrent lebih cepat, kita membutuhkan pihak ketiga untuk mendownload file torrent yang kita inginkan, kemudian dari pihak ketiga kita akan mendownload file tersebut menggunakan IDM atau aplikasi download manager lainnya. Jadi diagramnya seperti ini:

SERVER/KOMPUTER TORRENT ————–> SERVER PIHAK KETIGA —————–> KOMPUTER KITA (Via IDM)

Kelebihan menggunakan layanan pihak ketiga ini adalah, kecepatan download torrent jauh lebih cepat karena rata-rata server mempunyai bandwidth ke Internet lebih besar. Kedua, komputer kita tidak harus nyala ketika proses download dari server torrent ke server pihak ketiga. Kemudian koneksi download dari komputer kita ke server pihak ketiga akan lebih bagus dan stabil. Kita juga bisa mem-bypass jika koneksi p2p diblokir oleh ISP. Dan yang terakhir, IP kita akan aman dari tuduhan download file torrent.

Pihak ketiga yang saya maksud disini adalah FileStream.me. FileStream.me menghadirkan layanan download file torrent dan dari file hosting seperti DepositFiles & LetitBit. Selain paket berbayar, FileStream.me juga mempunyai paket gratis, tentu saja dengan batasan-batasan fitur. Akan tetapi bagi yang hanya ingin download file torrent yang besarnya tidak lebih dari 5 GB, saya kira paket gratisnya sudah cukup mumpuni.

filestream

Saya pribadi sudah menjadi member FileStream.me sejak 4 bulan lalu dengan mengambil paket Basic seharga $1.99 per bulan, sangat murah & performa sangat-sangat baik.

Silahkan anda baca fitur-fitur paket gratis yang FileStream.me berikan di https://filestream.me/free. Klik “Sign-Up” untuk melakukan pendaftaran.

Setelah selesai mendaftar, silahkan anda melakukan login untuk memulai mendownload file torrent. Klik tombol “Download Torrent” untuk memulai melakukan leeching (lihat gambar dibawah ini).

download-torrent

Setelah itu tampilan pop-up seperti dibawah ini akan muncul

pop-up

Ada dua cara untuk mendownload file torrent. Yang pertama dengan copy & pasti link magnet, atau dengan mengupload file torrent yang sebelumnya kita download dari situs.

Link magnet biasanya saya temui di situs bittorrent tracker, salah satu favorit saya adalah The Pirate Bay. Ketika anda menemukan file torrent yang anda inginkan di situs bittorrent tracker, copy link magnetnya dan paste di kotak pop-up tadi, dan klik tombol download di sebelah kanannya. Contoh penampakan file magnet adalah seperti gambar berikut

magnet

Setelah menekan tombol download, FileStream akan melakukan proses mengambil informasi file. Setelah informasi file keluar, tekan tombol Download lagi untuk memulai proses download.

Proses download bisa lama, kadang juga bisa cepat. Tergantung dari faktor-faktor yang sebelumnya sudah saya sebutkan. Jika proses download selesai, FileStream akan mengirimkan email informasi bahwa proses download torrent selesai dan file siap didownload dengan IDM.
Jika file siap di download, pada bagian kanan file akan muncul link download dengan gambar ikon zip (lihat gambar berikut)

siap-sedot2

Pilih salah satu link download yang anda inginkan, apakah menggunakan port 80 (http), ataukah port 433 (Secure link/https), lihat gambar dibawah. Jika anda menggunakan IDM, setelah klik link download, maka otomatis IDM akan mengambil alih proses download dari browser.

pilih-sedot

Comments 43

  1. Selain FileStream.me ada juga zbigz.com sama boxopus.com, zbigz.com bisa digunakan tanpa daftar terlebih dahulu, sedangkan boxopus.com harus daftar, tapi memiliki performa yang lebih bagus dari zbigz.com

    1. Kalo dari pengalamanku Nyong, Zbigz & Boxopus masih tidak stabil. Makanya aku nyari alternatif, dan ketemu FileStream.me. Setelah mencoba paket gratisnya, dan cukup bagus & stabil, kemudian aku putuskan untuk upgrade ke paket Basic. Dan sudah 4 bulan berjalan, tidak ada komplain, great work!

      1. karena kurang sering download torrent jadi kurang meneliti Zbigz & Boxopus, kalo gitu mulai sekarang nyoba FileStream ah.

  2. ini juga nyobak buat donlod win 8.1

    beli akunnya lewat mana ya klo ga punya kartu kredit
    murah banget soalnya kayak harga di indonesia

  3. mas boleh pinjam akunnya gak, aku mau download file 100 gb nih, sulit aku daftar premium, ku gak punya kartu kredit n gak tau cara buat paypal, kalau aku dekat mas aku mau kasih 10 dolar deh, tapi aku jauh ni di LN ,ilegal lagi

    1. 100 GB itu single file, atau terpecah-pecah non? premium account ku hanya Basic, dimana limit file yang bisa didownload ukurannya 10 GB single file. Kalau lebih besar gak bisa.

    1. kalo statusnya masih “queue”, berarti masih nunggu antrian bro. Pokoknya ntar dah selesai, akan muncul link downloadnya. tunggu aja bro.

      1. Oo….ok thnk om..dah klr ni tinggal donwload..tpi ga bs d pause yah…d IDM y? ma yg ssl download ko ga bisa direct ke idm download y lari ke browser trus….da solusi ga om…kali lg thnk bgt nih postingan y keren om lnjut kan….

          1. Sori ralat, fitur resume download ternyata hanya ada di paket premium, untuk free nggak bisa resume.

  4. Kalo status nya “DL:2.0 MB/s, UL:0 KB/s, Ratio 0”, itu apa artinya?
    di email udah ada notifikasinya tapi link download pilihan untuk IDM nya belum muncul muncul.
    Itu kenapa ya, gan?

    1. Itu berarti speed download dari seeders ke server filestream sebesar 2 MBps, sedang UL maksudnya speed dari filestream sebagai seeder. Prinsip torrent kan berbagi bos, jadi filestream bukan hanya nyedot melulu, tapi juga memberikan sebagian bandwidthnya untuk dipake seeding.
      Kalo belum muncul walau sudah ada notif, coba refresh halamannya om. Biasanya begitu.

      1. Assa!! Sip! Thank you. tadi gak berani refresh laman. Tapi sekarang udah jalan.
        Sekali lagi Thank you, maju terus buat GoodWebID. Yeay!!

  5. Gan, bisa bantu?
    Ane doyan banget donlod via filestream.me Mudah cepat dan hebat
    Tapi karena masih terbatas, saya donlod torrent 7GB, mau gak mau turun pake bitTorrent ato UTorrent.

    Nah pengen nanya, waktu mau balas jasa abis selesai download (seeding) itu speed nya gak pernah bisa sampe 10 kB/s
    Dan rationya masih 0,020. Padahal sopannya kan ratio nya harus nyampe 1.
    Bisa bantu mempercepat gak, Gan? Lama banget ini seeding nya. Pengen donlod yang lain lain lagi.

    Mohon pencerahannya ya, Gan.
    Terima kasih responnya.

    1. rasio seeding kita gak bisa setting, itu kebijakan dari filestreamnya. lha buat apa nunggu seeding? kalo emang file sudah di download, hapus aja. terus lanjut leech aja. Kalo account kamu free, kayaknya gak bisa leech torrent lebih dari 1 GB.

      1. Leech aku udah selesai.
        Kalo aku baca baca sih, habis leech, biasakan buat jadi seed buat orang lain. Makanya bela belain seeding ampe ratio 1. Kan katanya torrent itu berbagi. daripada aku di kick ato dibatasi speed nya kalo lain kali harus leech lagi.
        Tapi yaitu, speed upload seeding nya, minta ampun. Btw, ini aku bukan pake filestrem loh, bang. Seeding Pake BitTorrent. Karena over. 7GB.
        Maklum yang free gak nyampe :))

        1. oalah,kirain kita ngomongin filestream. Kalo pake torrent client ya beda cerita bro. :) kekuatan seeding ya tergantung kecepatan upstream internet yang ente pake. Semakin besar upstream, otomatis semakin gede rasio seeding.

    1. yang perlu di upload hanya file .torrent yang ukurannya hanya sekitar 10 KB saja. Atau bahkan jika nggak mau upload, copy & paste saja link magnet file torrent.

  6. klo fitur gratis tidak bisa upload file diatas 7 gb -_-
    bisa minta tolong di uploadkan lalu sya download lwat IDM -_-

        1. Kemungkinan koneksi ente menggunakan load balance beberapa modem bos, jadi ip berubah-ubah terus. Kalo IP berubah memang akan muncul warning seperti itu, baca aja itu isi warningnya “Your IP address may have changed…”

          1. coba gunakan koneksi yang fix ip addressnya, bukan yang beruabah2 seperti koneksi load balance. Atau download lewat proxy, vpn atau ssh tunelling.

    1. Kebetulan bro, saya baru dapat email dari pihak Filestream.me, mereka ngasih promo code khusus buat pengunjung blog ini :)
      Kemungkinan besok saya post kode nya, like facebook page kita dulu aja bos. Biar gak kelewat ntar.

  7. Pingback: Cara Download File Torrent di Android » Tuts.web.id

  8. Pingback: Cara Download File Torrent di Android - Tuts.web.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *