Download File Torrent Menggunakan IDM (Internet Download Manager)

Mendownload file torrent menggunakan torrent client semacam uTorrent atau LimeWire tidak tentu mendapatkan kecepatan secara maksimal. Ada beberapa faktor download torrent bisa cepat atau lambat, misalnya jumlah seeder, semakin banyak yang melakukan seeding, semakin besar bandwidth yang didapat untuk download (leeching). Kemudian faktor kecepatan upload pihak seeder, seperti kita ketahui torrent menggunakan koneksi peer-to-peer (p2p) untuk melakukan koneksi antar pengguna, dan biasanya koneksi rumahan yang dipakai seeder tidak semuanya bagus.

Selain faktor koneksi yang tidak selalu bagus, beberapa ISP juga terkadang ada yang memberlakukan blokir jalur torrent. Untuk mem-bypass blokir dari ISP, dan juga agar download torrent lebih cepat, kita membutuhkan pihak ketiga untuk mendownload file torrent yang kita inginkan, kemudian dari pihak ketiga kita akan mendownload file tersebut menggunakan IDM atau aplikasi download manager lainnya. Jadi diagramnya seperti ini:

SERVER/KOMPUTER TORRENT ————–> SERVER PIHAK KETIGA —————–> KOMPUTER KITA (Via IDM)

Kelebihan menggunakan layanan pihak ketiga ini adalah, kecepatan download torrent jauh lebih cepat karena rata-rata server mempunyai bandwidth ke Internet lebih besar. Kedua, komputer kita tidak harus nyala ketika proses download dari server torrent ke server pihak ketiga. Kemudian koneksi download dari komputer kita ke server pihak ketiga akan lebih bagus dan stabil. Kita juga bisa mem-bypass jika koneksi p2p diblokir oleh ISP. Dan yang terakhir, IP kita akan aman dari tuduhan download file torrent.

Pihak ketiga yang saya maksud disini adalah FileStream.me. FileStream.me menghadirkan layanan download file torrent dan dari file hosting seperti DepositFiles & LetitBit. Selain paket berbayar, FileStream.me juga mempunyai paket gratis, tentu saja dengan batasan-batasan fitur. Akan tetapi bagi yang hanya ingin download file torrent yang besarnya tidak lebih dari 5 GB, saya kira paket gratisnya sudah cukup mumpuni.

filestream

Saya pribadi sudah menjadi member FileStream.me sejak 4 bulan lalu dengan mengambil paket Basic seharga $1.99 per bulan, sangat murah & performa sangat-sangat baik.

Silahkan anda baca fitur-fitur paket gratis yang FileStream.me berikan di https://filestream.me/free. Klik “Sign-Up” untuk melakukan pendaftaran.

Setelah selesai mendaftar, silahkan anda melakukan login untuk memulai mendownload file torrent. Klik tombol “Download Torrent” untuk memulai melakukan leeching (lihat gambar dibawah ini).

download-torrent

Setelah itu tampilan pop-up seperti dibawah ini akan muncul

pop-up

Ada dua cara untuk mendownload file torrent. Yang pertama dengan copy & pasti link magnet, atau dengan mengupload file torrent yang sebelumnya kita download dari situs.

Link magnet biasanya saya temui di situs bittorrent tracker, salah satu favorit saya adalah The Pirate Bay. Ketika anda menemukan file torrent yang anda inginkan di situs bittorrent tracker, copy link magnetnya dan paste di kotak pop-up tadi, dan klik tombol download di sebelah kanannya. Contoh penampakan file magnet adalah seperti gambar berikut

magnet

Setelah menekan tombol download, FileStream akan melakukan proses mengambil informasi file. Setelah informasi file keluar, tekan tombol Download lagi untuk memulai proses download.

Proses download bisa lama, kadang juga bisa cepat. Tergantung dari faktor-faktor yang sebelumnya sudah saya sebutkan. Jika proses download selesai, FileStream akan mengirimkan email informasi bahwa proses download torrent selesai dan file siap didownload dengan IDM.
Jika file siap di download, pada bagian kanan file akan muncul link download dengan gambar ikon zip (lihat gambar berikut)

siap-sedot2

Pilih salah satu link download yang anda inginkan, apakah menggunakan port 80 (http), ataukah port 433 (Secure link/https), lihat gambar dibawah. Jika anda menggunakan IDM, setelah klik link download, maka otomatis IDM akan mengambil alih proses download dari browser.

pilih-sedot