Flockmail by Rumahweb: Tutorial Lengkap dan Reviewnya.

Wajib Baca

Solusi Error Internet Mail Delivery Pada Email iCloud

Saya adalah pengguna layanan email iCloud sudah sejak menggunakan iPhone 3GS, atau sekitar tahun 2009-2010. Akan tetapi satu tahun belakangan saya banyak menerima keluhan dari teman yang mengirimkan email ke saya kalau setiap email yang mereka kirim selalu ada reply error. Saya tidak begitu menghiraukan hal ini, selama email tetap masuk ke inbox saya. Saya selalu bilang, "Masuk koq emailnya". Tetapi beberapa hari yang lalu setelah saya migrasi email lainnya ke server Gmail, iseng-iseng saya coba mengirimkan email ke alamat email iCloud. Dan ternyata memang selalu muncul reply error seperti ini...

UpdraftPlus: Solusi Mudah Backup dan Restore WordPress

UpdraftPlus menyederhanakan proses backup, restore dan migrasi situs berbasis Wordpress. Ini adalah plugin backup Wordpress terpopuler di dunia, dengan...

Tips Mengamankan Server atau VPS Linux

Server atau VPS yang kita gunakan untuk menghosting website kita terkoneksi dengan Internet, siapa saja dapat mengaksesnya. Untuk melindungi...
Ferdian Alfiantohttps://tuts.web.id
Ferdian Alfianto adalah seorang penggila dunia Internet, Mac Lover; suka menggunakan Wordpress, bereksperimen dengan Linux (terutama Debian dan Ubuntu), mengutak-atik pfSense router, senang bereksperimen dengan LEMP (Linux, Nginx, MariaDB, PHP) dan Redis. Anda bisa kontak saya disini.

Flockmail adalah layanan email bisnis yang baru saja diluncurkan oleh Rumahweb yang tercatat memiliki fitur-fitur bisa dibilang tidak kalah dengan G-Suite Google, bahkan ada fitur tertentu yang tidak dimiliki oleh G-Suite. Flockmail sendiri adalah bagian dari aplikasi Flock, sebuah aplikasi kolaborasi dan komunikasi untuk kinerja tim, yang didalamnya ada email (flockmail), panggilan audio dan video, serta perangkat produktifitas kerja dan manajemen proyek.

Fitur Flockmail

Beberapa fitur-fitur menarik dari Flockmail adalah:

  • Bisa menggunakan nama domain sendiri (email@namadomainanda.com)
  • Berkapasitas 10 GB hingga 30 GB per akun email.
  • Memiliki aplikasi untuk Android dan iOS untuk mobile, dan aplikasi dekstop tersedia untuk Windows, MacOS dan Linux. Juga tersedia untuk Google Chrome.
  • Video Conference untuk 8 hingga 50 partisipan.
  • Buku Kontak
  • Kalendar
  • Mendukung Webmail, POP dan IMAP
  • Sudah ada antivirus dan proteksi SPAM untuk email masuk.
  • Video calls screen sharing untuk presentasi dan kolaborasi.

Sedang fitur-fitur spesifik untuk emailnya:

  • Email dengan Thread
    Percakapan dalam subject yang sama akan ditampilakan dalam thread. Memudahkan kita untuk mengikuti semua percakapan dalam topik yang sama dengan lebih mudah. Bagi pengguna Gmail/G-Suite pasti familiar dengan fitur ini.
  • Advanced Search
    Mencari arsip email dengan mudah dan cepat. Cari email apapun dari mailbox dengan lebih mudah dan cepat berdasarkan email pengirim/penerima, subject, tanggal, dan kata kunci tertentu.
  • Follow-up Reminder
    Seringkali penawaran yang dikirimkan lewat begitu saja karena kita lupa melakukan follow up. Reminder akan mengingatkan kita saat harus melakukan follow up email yang kita kirimkan.
  • Snooze Email
    Sedang sibuk dan menerima email penting yang belum bisa direspon sekarang? Snooze saja dulu. Email akan masuk lagi ke inbox pada waktu yang tepat dimana kita bisa meresponnya dengan lebih nyaman. Minimalkan gangguan dan membuat kita lebih fokus.
  • Read Receipts
    Lihat apakah penerima email sudah membaca, mengklik link didalamnya, dan mendownload attachmentnya. Track semua email yang kita kirimkan dengan mudah dan efektif.
  • Undo Send
    Ini adalah fitur keren yang tidak kita temui di layanan email lainnya. Pernah salah kirim email? Kita pasti pernah melakukannya – typo, lupa attachment, mengirimkan ke alamat yang salah. Dengan fitur Undo Send kita dapat membatalkan pengiriman email yang salah, sehingga kita dapat bekerja dengan lebih teliti dan percaya diri.

Tutorial ini akan lebih membahas setting penggunaan fitur email dari Flockmail, ketimbang fitur-fitur lainnya.

SIGN UP!

Untuk mendapatkan layanan Flockmail, silahkan kunjungi halaman Flockmail by Rumahweb. Tersedia dua pilihan, Profesional dan Enterprise. Silahkan pilih sesuai kebutuhan anda. Harga yang tertera adalah untuk 1 akun flockmail (misal email1@domainanda.com), jika anda membutuhkan 5 akun email, anda harus membeli 5 akun flockmail. Pilih periode pembayaran yang diinginkan, tersedia dari per bulan hingga per tahun. Klik “Order” untuk memulai pembelian, dan isi form pembelian yang diminta.

Flockmail Pricing

SETTING

Setelah proses order selesai dan anda sudah melakukan pembayaran, anda akan mendapatkan welcome email berisi tautan untuk login ke panel kontrol Flockmail, beserta username dan passwordnya. Contoh isi email bisa dilihat dibawah ini:

Flockmail Welcome Email

Klik pada tautan “Open Control Panel“, dan masukkan username serta password. Setelah halaman panel kontrol terbuka, pastikan nama domain sudah benar sesuai dengan alamat email yang ingin anda buat, dengan cek nama domain yang tertera di pojok kanan atas. Seperti contoh dibawah, saya menggunakan domain tutswebid.xyz untuk membuat email root@tutswebid.xyz.

Selanjutnya klik tombol “Create New Email Account“, dan masukkan nama email yang ingin dibuat beserta password untuk loginnya.

Create New Email Account

Setelah sukses dibuat, anda bisa coba login ke webmail dengan klik tombol “Access webmail“, dan masukkan nama email yang baru anda buat beserta passwordnya. Tapi email anda belum siap untuk digunakan, karena kita harus setting DNS agar email bisa menerima dan mengirim email dengan baik dan benar.

SETTING DNS

Agar email bisa digunakan untuk mengirim dan menerima pesan, kita harus melakukan setting MX dan SPF record domain yang kita pakai untuk email. Silahkan setting DNS domain dengan informasi berikut ini:

Type: MX

  • TTL: 3600
  • Priority: 10
  • Destination : mx1.flockmail.com

Type: MX

  • TTL: 3600
  • Priority: 20
  • Destination : mx2.flockmail.com

Type: TXT

  • TTL: 3600
  • Destination : v=spf1 include:spf.flockmail.com ~all

Sebagai contoh, berikut manajemen DNS domain saya menggunakan Cloudflare, jadi setting DNS untuk Flockmail terlihat seperti ini:

DNS Flockmail

Test…Test..Test

Sekarang email Flockmail sudah bisa digunakan untuk mengirim dan menerima email. Namun sebelum anda gunakan untuk bekerja, ada baiknya kita tes dulu, seberapa reliable Flockmail mengirim email. Apakah semua email yang kita kirim akan masuk ke inbox, ataukah malah masuk ke junk/spam box?

Untuk itu, kita akan menggunakan layanan mail tester dari Mail-Tester.com, dengan membuka halaman situsnya yang beralamat di https://www.mail-tester.com. Salin alamat email yang tertera di “First, Send Your Email to:“. Buka webmail Flockmail, dan coba kirimkan email ke alamat yang sudah diberikan oleh Mail-Tester.com; beri judul email “Test Flockmail” dan isi email sembarang. Kemudian kirim email tersebut.

Setelah anda mengirimkan email tersebut, sekarang kembali ke halaman situs Mail-Tester.com, dan klik tombol “Then Check Your Score“. Selanjutnya Mail-Tester akan melakukan analisa kualitas email yang kita kirim. Dan hasilnya akan ditampilkan seperti gambar dibawah:

Hasil dari Mail-Tester menunjukkan kualitas email dari Flockmail dengan skor 6.6 dari nilai sempurna 10. Dengan kesimpulan bahwa email tidak semuanya akan masuk ke inbox, kemungkinan bisa masuk ke junk/spam box. Semakin besar nilai, semakin baik kualitas pengaturan email; begitu juga sebaliknya, semakin kecil skor, akan memungkinkan email lebih banyak masuk ke junk/spam box.

Mail-Tester memberikan catatan apa yang membuat skor email berkurang. Klik pada masing-masing keterangan, akan muncul detail keterangannya.

KESIMPULAN

Setting yang mudah, fitur-fitur yang cukup bagus, harga yang terjangkau, dukungan aplikasi untuk bermacam platform, dan juga support 24 jam dari pihak Rumahweb, Flockmail bisa jadi alternatif email bisnis yang bisa dipertimbangkan. Namun ada catatan yang harus diperbaiki oleh pihak Flockmail dan Rumahweb, perihal skor Mail-Tester yang terbilang kurang memuaskan.

 

Artikel SebelumnyaASTERIK
Artikel SelanjutnyaApple Music Kini Hadir di Semua Platform!

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

Rocket-Nginx + WP-Rocket: Apa Benefitnya?

Apa itu Rocket-Nginx? Rocket-Nginx adalah tambahan konfigurasi pada Nginx untuk plugin cache Wordpress, WP-Rocket.

Tutorial Instal Cloudflare WARP di Windows & Mac

Pagi ini saya menerima email pemberitahuan dari Cloudflare bahwa layanan Cloudflare WARP sudah tersedia untuk OS Windows & Mac, namun masih tahap...

Memperbaiki “WARNING: UNPROTECTED PRIVATE KEY FILE!” Ubuntu WSL di Windows 10

Setelah mengupdate Windows 10 ke Insider Build 17063, saya perlu menjalankan perintah berikut di Ubuntu WSL (Windows Subsystem for Linux) agar perintah...

Cara Mudah Download Lagu dari Spotify

Setelah sebelumnya saya memberikan tutorial mudah download lagu dari iTunes/Apple Music; pada kesempatan kali ini saya persembahkan tutorial cara mudah download lagu...

Mudah Download Lagu dari iTunes/Apple Music

Dalam kondisi normal, tidak memungkinkan bagi kita download lagu yang ada di iTunes atau Apple Music. Untuk itu di artikel ini saya...
Protected by Copyscape

Artikel Lain Terkait: