Mengenal Jenis SSD: Apa itu SLC, MLC, TLC, QLC dan PLC?

Wajib Baca

13 Tips Mudah Mengamankan Situs WordPress

Kepopuleran Wordpress adalah sebuah kesuksesan, namun tentu disertai konsekuensi. Lebih dari 34% situs dibuat menggunakan platform Wordpress,...

Tutorial 5 Menit Instal OpenVPN di Google Cloud

Sebelumnya saya sudah pernah menuliskan tutorial membangun OpenVPN menggunakan Pritunl, namun ada cara yang lebih mudah lagi...

Cara Mendapatkan VPS Dengan Harga Murah

Kata siapa sewa VPS mahal? Dengan $1 per bulan anda sudah bisa menyewa VPS. Tidak percaya? Berikut saya bagikan...
Ferdian Alfiantohttps://tuts.web.id
Ferdian Alfianto adalah seorang penggila dunia Internet, Mac Lover; suka menggunakan Wordpress, bereksperimen dengan Linux (terutama Debian dan Ubuntu), mengutak-atik pfSense router, senang bereksperimen dengan LEMP (Linux, Nginx, MariaDB, PHP) dan Redis. Anda bisa kontak saya disini.

Solid-state drive atau yang lebih dikenal dengan sebutan SSD, meningkatkan performa komputer yang menua dan mengubah komputer yang lebih baru menjadi mesin super cepat. Tapi, ketika kita hendak berbelanja SSD, akan dihadapkan dengan beberapa jenis SSD: SLC, MLC, TLC, QLC dan PLC . Apa artinya semua itu? 

Semua Tentang Sel

SSD saat ini menggunakan penyimpanan flash NAND, yang blok pembangunnya adalah sel memori. Ini adalah unit dasar yang datanya ditulis dalam SSD. Setiap sel memori menerima sejumlah bit, yang terdaftar pada perangkat penyimpanan sebagai 1 atau 0.

SSD Single-Layer Cell (SLC)

Tipe paling dasar dari SSD adalah SSD single-layer cell (SLC). SLC menerima satu bit per sel memori. Tidak banyak, tetapi memiliki beberapa kelebihan. Pertama, SLC adalah tipe SSD tercepat. Mereka juga lebih tahan lama dan lebih rentan terhadap error, sehingga jenis ini dianggap lebih dapat diandalkan daripada SSD lainnya.

SLC populer di lingkup enterprise di mana kehilangan data tidak ditoleransi, dan daya tahan adalah kuncinya. SLC cenderung lebih mahal, dan mereka biasanya tidak tersedia untuk konsumen. Sebagai contoh, saya menemukan SSD SLC enterprise 128 GB yang harganya sama dengan SSD tingkat konsumen 1 TB yang berjenis TLC NAND.

Jika anda menemukan SSD SLC di lingkup konsumen, mungkin memiliki jenis NAND dengan cache SLC yang berbeda untuk meningkatkan kinerja.

SSD SLC memiliki umur 50.000 hingga 100.000 kali siklus program/hapus.

SSD SLC
Contoh SSD SLC

SSD Multi-Layer Cell (MLC)

Istilah “multi-” di SSD jenis MLC ini sebenarnya kurang tepat. Mereka hanya menyimpan dua bit per sel, yang tidak terlalu “multi-“.

MLC sedikit lebih lambat dari SLC karena dibutuhkan lebih banyak waktu untuk menulis dua bit ke dalam sel daripada hanya satu. SSD MLC memiliki tingkat ketahanan dan keandalan yang kurang, karena data ditulis ke NAND flash lebih sering daripada dengan SLC.

MLC memiliki umur 1.000 hingga 10.000 kali siklus program/hapus.

SSD MLC
SSD MLC

SSD Triple-Layer Cell (TLC)

Seperti namanya, SSD TLC menulis tiga bit untuk setiap sel. Disaat menulis artikel ini, TLC adalah tipe SSD yang paling umum ada dipasaran.

Mengemas lebih banyak kapasitas daripada SLC dan MLC, tetapi mengorbankan kecepatan, keandalan, dan ketahanan. Itu tidak berarti drive TLC buruk. Bahkan, SSD TLC mungkin adalah deal terbaik saat ini, terutama jika anda mencari SSD kapasitas besar dengan harga terjangkau.

Jangan terganggu dengan anggapan SSD TLC adalah jenis SSD yang tidak awet; faktanya SSD ini biasanya bisa berumur beberapa tahun.

SSD TLC
Samsung 860 EVO, SSD berjenis TLC

SSD Quad-Level Cell (QLC)

SSD Quad-Level Cell(QLC) dapat menulis empat bit per sel. QLC NAND dapat mengemas data jauh lebih banyak daripada jenis lainnya, tetapi saat ini kinerja drive QLC mendapat sorotan, terutama ketika cache habis selama transfer file besar (40 GB atau lebih tinggi). Ini mungkin masalah jangka pendek, karena produsen SSD terus mencoba mengoptimalkan performa QLC.

Daya tahan juga menjadi perhatian. SSD Crucial P1 QLC NVMe hanya memiliki peringkat 100 TBW (Terrabytes Written) pada model 500 GB, dan hanya 200 TBW pada 1 TB. Itu cukup jauh jika dibandingkan dengan jenis TLC, tetapi masih cukup baik untuk digunakan pada komputer rumahan.

SSD QLC Intel 660p

SSD Penta-Level Cell (PLC)

SSD PLC, yang dapat menulis 5 bit per sel, belum ada untuk konsumen, tetapi mereka sedang dalam perjalanan. Toshiba menyebutkan drive PLC pada akhir Agustus 2019, dan Intel pada bulan berikutnya. PLC harus dapat mengemas kapasitas lebih banyak lagi ke dalam SSD. Namun, mereka akan memiliki masalah yang sama seperti TLC dan QLC ketika membicarakan daya tahan dan kinerja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

8 Pasword Manager Gratis Terbaik 2019

Password manager adalah sebuah aplikasi yang membantu kita membuat password yang baik dan kuat, menyimpannya dengan keamanan...

10 DNS Server Gratis, Aman, Cepat & Reliable 2019

Berikut adalah beberapa DNS server yang bisa anda pergunakan untuk mempercepat browsing, gratis, aman & reliable.

Karaoke di Spotify, Mengapa Nggak?

Bagi penggemar karaoke, Spotify mungkin akan menjadi salah satu teman terbaik mereka. Karena Spotify telah mulai menguji fitur baru di negara tertentu...

13 Tips Mudah Mengamankan Situs WordPress

Kepopuleran Wordpress adalah sebuah kesuksesan, namun tentu disertai konsekuensi. Lebih dari 34% situs dibuat menggunakan platform Wordpress, tentu saja ini berakibat situs...

11 Tempat Untuk Melihat Serangan Cyber Secara Real-Time

Adalah pemandangan yang cukup mengasyikkan memantau aktifitas serangan cyber secara real-time di seluruh dunia. Ribuan situs web diretas setiap hari karena adanya...

Artikel Lain Terkait: