Layanan CDN Gratis dari Anyone CDN & Tutorialnya

Awal Maret 2019, saya meluncurkan layanan CDN gratis yang saya beri nama ANYONE CDN. Misi pembuatan CDN gratis ini adalah untuk memberikan kesempatan bagi semua orang agar bisa mengimplementasikan CDN di semua websitenya, apakah personal ataupun korporasi.

Ada pertanyaan muncul, buat apa membuat layanan CDN gratis jika sudah ada Cloudflare? Anyone CDN adalah solusi alternatif bagi yang “tidak suka” menggunakan Cloudflare, dan hanya butuh file-file statis saja yang lewat CDN, bukan website secara keseluruhan. Seperti di ketahui bersama, untuk menggunakan layanan Cloudflare, kita “dipaksa” agar website kita di-proxy melalui infrastruktur Cloudflare. Di satu sisi bisa menguntungkan, tapi disisi lain untuk sebagian pihak tidak menyukai solusi tersebut.

Anyone CDN hanya melakukan cache file-file statis website anda, untuk halaman website, tetap akan dilayani oleh web server anda.

Apa Keuntungan Menggunakan CDN?

Jika anda melakukan load test dengan Load Impact misalnya, maka jika anda bandingkan antara menggunakan CDN dan tanpa CDN, akan ada perbedaan di CPU load. Tanpa CDN, CPU akan bekerja lebih keras karena bukan hanya melayani halaman website, tapi juga harus melayani file-file statis. Sedang jika menggunakan CDN, makan kinerja CPU akan lebih ringan, karena hanya bekerja melayani prosessing halaman web, sedang file-file statis (seperti css, javascipt, gambar, video, font) akan diserahkan ke layanan CDN.

Fitur-Fitur Anyone CDN

Seperti yang sudah saya cantumkan di website Anyone CDN, fitur-fiturnya adalah sebagai berikut:

  1. Cache Time
    File-file statis situs anda akan di cache di browser dan server Anyone CDN selama 30 hari, setelah 30 hari server Anyone CDN akan melakukan fetch lagi ke web server situs anda.
  2. Secure CDN
    Anyone CDN hanya melakukan fetch ke situs anda melalui koneksi https, dan juga hanya bisa diakses via koneksi https.
  3. No Limit
    Tidak ada pembatasan trafik dan throttling.
  4. No Cost
    Tidak ada biaya, alias CDN gratis!
  5. GZIP Compression
    Kompresi GZIP saya aktifkan, agar mengurangi bandwidth dan file bisa di load lebih cepat.
  6. Remove Cookies
    Cookies dihilangkan di setiap file yang melalui Anyone CDN, ini bisa menurunkan latency dan meningkatkan skor di GT Metrix.
  7. CORS Header
    CORS atau Cross Origin Resource Sharing saya aktifkan ke all, ini biasanya jadi solusi untuk error pada tampilan font dan ikon fontawesome.
  8. WordPress Friendly
    Anyone CDN berjalan mulus tanpa masalah di WordPress, tinggal instal plugin CDN Enabler. Tutorialnya akan saya ulas dibawah.
  9. Global Network
    Server Anyone CDN tersebar di seluruh dunia, dan dengan Anycast IP, file akan dikirimkan ke pengunjung situs anda dari datacenter terdekat.

Limitasi CDN Gratis dari Anyone CDN

Layanan CDN gratis dari Anyone CDN ini memiliki batasan-batasan,yakni:

  1. No Control Panel
    Untuk saat ini Anyone CDN belum memiliki panel kontrol, apakah untuk melihat statistik, mengubah atau menghapus CDN, dan seterusnya.
  2. No Purge Button
    Tidak ada tombol untuk melakukan purge. Jika anda membutuhkan agar Anyone CDN melakukan fetch, anda harus menunggu 30 hari; atau bisa diakali dengan mengubah nama file, maka otomatis Anyone CDN akan melakukan fetch.
  3. Beta Stage
    Anyone CDN masih dalam masa Beta, artinya kemungkinan akan ada bug atau error.
  4. 20% Rule
    Walaupun tidak ada batasan trafik, tapi Anyone CDN memiliki aturan 20% fair usage, dimana bandwidth maksimal per CDN adalah 20% dari total bandwidth keseluruhan per bulannya.
  5. HTTPS Only
    Anyone CDN hanya akan melakukan fetch ke situs https, jadi pastikan situs anda sudah memilik setifikat SSL.
  6. No Origin IP or Custom Port
    Saat ini Anyone CDN tidak mendukung opsi Origin IP atau custom port. Semua fetch langsung ke alamat situs via https.
  7. No Cloudflare
    Jika saat ini situs anda sudah menggunakan Cloudflare, maka Anyone CDN tidak akan jalan.

Membuat CDN di Anyone CDN

Membuat CDN di Anyone CDN termasuk sangat mudah, anda hanya perlu memasukkan domain situs anda, tanpa https://; dan tekan tombol “Create CDN“.

Dalam waktu 60 detik, CDN anda sudah siap digunakan.

NOTE: Jika situs anda menggunakan www, maka anda perlu menambahkan www juga di nama domain.

Integrasi Dengan WordPress

Untuk menggunakan layanan CDN gratis dari Anyone CDN ini di situs WordPress anda, cukup dengan install CDN Enabler – WordPress CDN Plugin, dan setting sebagai berikut:

CDN Enabler

Pada kolom “CDN URL” masukkan url CDN yang anda dapatkan dari Anyone CDN, tanpa ada garis miring di akhir url.

Centang opsi “CDN HTTPS”, dan tekan tombol “Save Changes”. Selesai, situs WordPress anda sudah memakai layanan CDN gratis dari Anyone CDN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *