Tutorial Instal Centos 7 Minimal untuk Web Server

Wajib Baca

5 Menit Install Squid Proxy Server

Proxy server adalah sebuah server yang bertindak sebagai perantara antara komputer klien dengan server yang ditujunya. Beberapa kelebihan terkoneksi ke...

Tutorial Instal EasyEngine v4 & Hasil Benchmark

Pada 22 November 2018, rtCamp selaku developer EasyEngine, telah merilis EasyEngine versi 4 yang memiliki struktur sangat...

13 Tips Mudah Mengamankan Situs WordPress

Kepopuleran Wordpress adalah sebuah kesuksesan, namun tentu disertai konsekuensi. Lebih dari 34% situs dibuat menggunakan platform Wordpress,...
Ferdian Alfiantohttps://tuts.web.id
Ferdian Alfianto adalah seorang penggila dunia Internet, Mac Lover; suka menggunakan Wordpress, bereksperimen dengan Linux (terutama Debian dan Ubuntu), mengutak-atik pfSense router, senang bereksperimen dengan LEMP (Linux, Nginx, MariaDB, PHP) dan Redis. Anda bisa kontak saya disini.

Belakangan ini saya lebih banyak menggunakan Centos 7 64-bit sebagai operating system (OS) web server, baik untuk Plesk ataupun VPSSIM. Berikut tutorial install Centos 7 Minimal, sebagai OS dasar dari web server kita.

Saya menggunakan VMWare Fusion, karena saya menggunakan Hackintosh High Sierra. Tetapi anda juga bisa menggunakan VirtualBox, Parallels Desktop, Microsoft Hyper-V, dll.

Sebelumnya, kita unduh dulu file ISO Centos 7 Minimal di https://www.centos.org/download/ (pilih Minimal ISO).

Langkah pertama, jalankan VMWare Fusion, dan buat Virtual Machine (VM) baru dengan pilih menu File -> New. Atau dengan klik lambang “+” dan kemudian pilih New, lihat gambar berikut.

Berikutnya pilih “Create a custom virtual machine“, dan klik “Continue“.

Kemudian pada pilihan “Select the operating system for this virtual machine“, pilih Linux -> Centos 64-bit, dan klik Continue.

Pada jendela selanjutnya, pilih “Create a new virtual disk“, dan klik Continue.

Beri nama disk yang kita buat, dan pilih lokasi untuk menyimpannya.

Review konfigurasi akhir, jika perlu perubahan, klik “Customize Settings“. Berikut tampilan jendela Customize Settings, dimana disini anda bisa mengubah konfigurasi VM, misal jumlah Core CPU, RAM, Disk, Networking, dll.

Seperti saya berikut ini akan mengubah konfigurasi untuk networking dan mengaktifkan CD agar bisa menempelkan file ISO Centos 7 Minimal.

Untuk konfigurasi networking, saya memilih “Bridged Networking“, agar VM memiliki alamat IP sendiri, tidak menyatu dengan hostnya. Jangan lupa untuk klik “Generate” untuk mendapatkan mac addressnya.

Jika konfigurasi sudah ok semua, tutup jendela Customize Settings, dan klik tombol play besar seperti berikut ini.

Berikutnya akan muncul jendela instalasi Centos 7 Minimal, pilih bahasa yang ingin anda gunakan untuk proses instalasi ini, dan klik Continue.

Selanjutnya pilih dimana instalasi Centos 7 Minimal ini akan disimpan. Klik “Instalation Destination“.

Pastikan disk yang dituju untuk instalasi tercentang seperti gambar berikut, dan klik Done.

Proses instalasi selanjutnya akan berjalan. Sambil menunggu proses instalasi, buat password untuk login root. Klik pada “Root Password“. Opsional, anda bisa membuat login user biasa dengan klik pada “User Creation“.

Masukkan password untuk root yang diinginkan, dan kemudian klik “Done“.

Jika proses instalasi Centos 7 Minimal sudah selesai, akan muncul notifikasi seperti berikut. Klik tombol “Reboot” untuk melakukan restart VM.

Setelah proses reboot selesai, akan muncul tampilan login root seperti ini. Menandakan server dengan OS Centos 7 Minimal sudah siap digunakan.

Silahkan login root dengan password yang sebelumnya sudah anda buat. Dan masukkan perintah berikut untuk memeriksa alamat IP yang didapatkan dari DHCP server.

ip addr

akan muncul tampilan seperti berikut:


Sekarang anda sudah bisa login SSH via komputer dengan perintah ssh [email protected] (sesuai alamat IP yang didapat oleh web server).

Demikian tutorial instalasi Centos 7 Minimal, semoga bermanfaat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

8 Pasword Manager Gratis Terbaik 2019

Password manager adalah sebuah aplikasi yang membantu kita membuat password yang baik dan kuat, menyimpannya dengan keamanan...

10 DNS Server Gratis, Aman, Cepat & Reliable 2019

Berikut adalah beberapa DNS server yang bisa anda pergunakan untuk mempercepat browsing, gratis, aman & reliable.

Karaoke di Spotify, Mengapa Nggak?

Bagi penggemar karaoke, Spotify mungkin akan menjadi salah satu teman terbaik mereka. Karena Spotify telah mulai menguji fitur baru di negara tertentu...

13 Tips Mudah Mengamankan Situs WordPress

Kepopuleran Wordpress adalah sebuah kesuksesan, namun tentu disertai konsekuensi. Lebih dari 34% situs dibuat menggunakan platform Wordpress, tentu saja ini berakibat situs...

11 Tempat Untuk Melihat Serangan Cyber Secara Real-Time

Adalah pemandangan yang cukup mengasyikkan memantau aktifitas serangan cyber secara real-time di seluruh dunia. Ribuan situs web diretas setiap hari karena adanya...

Artikel Lain Terkait: