wp mail smtp and sendgrid

Tutorial Konfigurasi Plugin WP Mail SMTP dan SendGrid

Seringkali email notifikasi dari situs WordPress kita terkirim ke kotak spam/junk, atau bahkan tidak terkirim sama sekali. Untuk tes, silahkan anda ujicoba klik lupa password pada login wordpress anda, cek apakah sukses masuk di inbox, ataukah malah ke spam/junk; atau bahkan tidak ada email sama sekali. Hal ini terjadi karena kemungkinan php mailer kita tidak dikonfigurasi dengan benar. Solusi termudah, adalah dengan menggunakan layanan SMTP server gratis semacam Sendgrid dan plugin WP Mail SMTP. Dan berikut tutorial konfigurasi plugin WP Mail SMTP menggunakan Sendgrid.

Mengapa memilih plugin WP Mail SMTP? Dengan statistik pengguna aktifnya yang berjumlah 1 juta lebih, tidak diragukan bahwa WP Mail SMTP adalah pilihan utama pemilik situs WordPress untuk solusi email mereka. Plugin ini aktif di kembangkan oleh WP Forms, salah satu nama plugin populer di dunia WordPress, yang telah diinstal sebanyak 2 juta lebih.

Mengapa menggunakan layanan dari Sendgrid? Alasan pertama adalah karena GRATIS! (everybody loves free stuff :D). Perbulan kita diberikan jatah kirim email sebanyak 40.000 kali. Itu sudah lebih dari cukup untuk situs WordPress kita. Kedua, Sendgrid adalah pemain lawas di ceruk layanan email, terutama email marketing. Apalagi setelah diakuisi oleh Twilio pada awal 2019 senilai $2 miliar, maka terlihat Sendgrid bukanlah layanan email kaleng-kaleng. Proses pendaftaran serta konfigurasi yang mudah, juga merupakan nilai tambahan sendiri.

Konfigurasi Sendgrid

Sebelumnya, kita akan melakukan verifkasi nama domain di Sendgrid, ini penting agar email yang kita kirim bisa masuk ke inbox, bukan ke kotak spam/junk.  Silahkan login ke Sendgrid atau daftar jika anda belum mempunyai akun. Setelah login, pada tab Settings, pilih Sender Authentication. Pada halaman Sender Authentication ini, klik Authenticate Your Domain.

Authenticate Your Domain

Selanjutnya muncul halaman pertanyaan dimana anda meletakkan domain situs (point 1). Silahkan isi sesuai layanan DNS domain anda, atau jika tidak tahu, pilih sembarang saja. Pada point 2, Sendgrid menanyakan apakah anda ingin membranding link domain anda? Ini maksudnya, tautan untuk tracking email yang biasanya menggunakan domain Sendgrid, bisa diganti sesuai dengan domain anda. Tapi ini hanya opsional saja. Karena kita hanya menggunakan untuk notifikasi saja, bukan email marketing; jadi tidak masalah tautan tetap menggunakan domain Sendgrid. Klik Next untuk melanjutkan.

Selanjutnya masukkan nama domain situs WordPress anda, dan klik Next.

Berikutnya akan muncul informasi CNAME yang harus anda atur di DNS domain anda. Pastikan semua CNAME sudah dibuat, kemudian klik Verify.

CNAME

Pastikan CNAME sudah terverifikasi seperti dibawah ini

verified

Dengan demikian proses konfigurasi domain di Sendgrid sudah selesai, kita lanjut membuat API Key dengan klik menu API Keys, kemudian klik Create API Key.

Pada bagian API Key Name, masukkan nama API Key sembarang. Dan pada API Key Permissions, pilih Restricted Access, dan klik tombol Create & View. Salin API Key yang ditampilkan, dan salin di notepad kemudian simpan di tempat aman (mis. Google Drive).

Konfigurasi WP Mail SMTP

Silahkan instal WP Mail SMTP terlebih dahulu di situs WordPress anda, dan aktifkan. Kemudian klik halaman Settings dari plugin ini. Dan masukkan konfigurasi seperti contoh berikut:

Setting WP Mail SMTP

Pada kolom From Email, masukkan nama email sembarang, tidak harus email aktif; tapi WAJIB menggunakan nama domain yang anda sudah verifikasi di Sendgrid. Seperti contoh diatas, saya menggunakan “do-not-reply@tuts.web.id“, karena saya ingin yang menerima email tidak melakukan reply, karena ini sekedar email notifikasi saja.

Centang kotak pada Force From Email, ini agar semua email yang dikirim dari situs WordPress anda, menggunakan alamat email diatas.

Di kolom From Name, ini opsional saja, boleh diisi sembarang sesuka hati. Begitu juga pada kotak centang Force From Name, boleh anda centang atau tidak.

Pada Mailer, tentu saja pilih SendGrid.

Pada bagian API key, masukkan API Key yang sudah kita buat sebelumnya, dan klik Save Settings.

 

Semua konfigurasi sudah selesai, sekarang waktunya melakukan test email. Di WP Mail SMTP, klik tab Email Test. Masukkan email aktif anda, dan klik Send Email. Cek email anda sekarang, jika tes email berhasil masuk ke inbox, berarti konfigurasi sudah benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *